Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 14 November 2016

Tag:

CONTOH TEKS TANTANGAN




Merokok di Kalangan Pelajar




Merokok bukan lagi kegiatan yang asing di kalangan pelajar. Merokok sudah menjadi kebiasaan terutama di kalangan pelajar SMA, SMP, bahkan SD. Merokok dianggap bisa menjadi penghilang rasa penat dan stres untuk sebagian besar pelajar. Maka hasrat ingin menghisap rokok akan terus hinggap hingga dewasa.
            Merokok sangat merugikan bagi perokok itu sendiri dan orang-orang disekitarnya. Asap rokok mengandung nikotin, tar, dan bahan kimia lainnya yang menyebabkan asma, penyakit pernafasan, kanker paru-paru, dan penyakit jantung koroner. Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan perilaku boros. Banyak sebagian pelajar rela berbohong kepada orang tuanya untuk meminta uang demi bisa membeli rokok.
            Merokok di kalangan pelajar juga memengaruhi  aktivitas mereka di sekolah. Sebagai contoh pelajar yang merokok lebih mudah cepat lelah saat berlari cepat karena aktivitas paru-paru mereka sudah tidak maksimal dan merokok juga dapat menurunkan memori kerja otaknya. Hal ini mengakibatkan nilai seorang pelajar akan menurun.
            Bagi sebagian kalangan remaja, mereka merokok karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dari faktor lingkungan jika lingkungan mereka sebagian besar perokok aktif, mereka akan mudah terpengaruh. Sedangkan dari faktor orang tua dan keluarga bahwa anak-anak muda yang berasal dari rumah tangga yang tidak bahagia, dimana orang tua tidak begitu memperhatikan anak-anaknya dan memberikan hukuman fisik yang keras lebih mudah untuk menjadi perokok dibanding anak-anak muda yang berasal dari lingkungan rumah tangga yang bahagia. Tidak hanya itu, iklan rokok ternyata juga menjadi faktor merokok di kalangan pelajar. Banyak iklan yang memberikan gambaran bahwa merokok adalah lambang kemewahan, pria sejati, dan lain-lain. Hal itu memicu remaja untuk ikut berperilaku layaknya iklan tersebut.
            Mengingat banyaknya dampak dari adanya rokok, masing-masing pihak seharusnya ikut berperan dalam mengatasi banyaknya perokok saat ini. Untuk pemerintah seharusnya memberikan penyuluhan tentang bahaya merokok kepada masyarakat. Pemerintah juga bisa menaikkan harga rokok untuk mengurangi minat membeli rokok. Untuk seorang guru, ia seharusnya lebih banyak menasehati murid-muridnya akan bahaya merokok. Untuk orang tua, seharusnya mereka lebih mengawasi anak-anaknya dan selalu mengingatkan anaknya. Namun, terlepas dari semua peran dari berbagai pihak di atas diri kita sendirilah yang sebenarnya lebih penting dalam mengatasi banyaknya perokok. Untuk pelajar yang tidak pernah merokok sebaiknya jangan sekali-kali mencobanya. Para pelajar harus bisa membentengi diri dari hal-hal yang negatif dan lebih menekankan pada hal-hal yang positif.





About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

2 komentar:

  1. teks tantangannya sangat menarik

    BalasHapus
  2. The best videos on YouTube
    What's the best youtube to mp3\ channel on YouTube? YouTube is the most famous channel on YouTube. It has over 100 million views (and most of the YouTube  Rating: 5 · ‎8 votes

    BalasHapus